Pariwisata Indonesia kok cuma Ranking 81


Laporan dari The Travel and Tourism Competitiveness Report 2009 cukup bikin kita kaget juga. Bukan apa-apa, untuk urusan wisata, Indonesia berada di peringkat 81. Ternyata Bali yang dikagumi seluruh dunia itu tidak juga mampu mendongkrak rangking kita di dunia wisata internasional. Bahkan, untuk diadu dengan negara asia lain, Indonesia tidak terlalu bagus. Ini jadi pekerjaan rumah buat departemen terkait, sebab program Visit Indonesia Year yang diluncurkan tahun kemarin membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Kalau soal tujuan wisata Indonesia punya segudang lokasi yang indah. Bali itu di mata orang luar dianggap sebagai paradise. Konon, belum lengkap cita rasa wisata seseorang jika belum mendatangi Bali. Mick Jagger bahkan memilih Bali ketika dulu menikah. Ada yang beranggapan Bali jauh lebih terkenal daripada Indonesia. Beberapa tahun lalu, saya sempat chatting dengan seseorang dari negeri Paman Sam. Ketika saya sebut saya berasal dari Indonesia, si bule itu bertanya, "Sebelah mana Indonesia itu?"
"Bali itu salah satu wilayah Indonesia,"jawab saya.
Rupanya si bule menganggap Bali adalah sebuah negara sendiri yang bersebelahan dengan Indonesia.
Kita tidak cuma punya Bali, ada danau Toba, Lombok, Borneo. Bunaken dianggap sebagai lokasi terindah untuk yang hobi diving. Hal itu diakui secara internasional. Jadi, apa yang sesungguhnya terjadi dengan pariwisata kita? Masa kita kalah dengan beberapa negara ASEAN Seperti Singapura (#10), Malaysia (#32), Thailand (#39), Brunei Darussalam (#69), Filipina (#86), Vietnam (#89), dan Kamboja di peringkat 108.
Sepertinya tehnik promosi atau marketing kita kalah dibanding negara lain. Punya barang bagus untuk dijual, tapi tak mengeri tehnik pemasaran, sama juga bohong kan.
Semoga 2009 ini, dollar melimpah lebih banyak dari lokasi wisata Indonesia dan meraih ranking yang lebih bagus.

2 komentar:

TRAVEL mengatakan...

brita bagus nhe . . .

Anggraeni Masrina mengatakan...

hahh tank youu....

Posting Komentar

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.